VPN Gratis VS VPN Berbayar, Kamu Pilih Mana?

February 11, 2020 0 comments

Yang satu bayar, yang satu nya lagi gratis. Bagi orang Indonesia, gratisan adalah sesuatu yang menarik, bener ngga?

Tetapi saat kita ngomong tentang VPN ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan baik dari yang vpn gratis dan vpn berbayar.

Logika utamanya nya, jangan berharap banyak kita mendapatkan aplikasi VPN yang bagus dengan cuma-cuma alias gratisan. Tetapi bukan berarti VPN gratis yang beredar saat ini buruk/jelek semua.

Karena itu Indo VPN akan mencoba mengulas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing VPN berbayar maupun yang gratis.

Sampai sejauh mana resiko penggunaan VPN gratis ? Dan apakah cukup “worth it” membayar layanan VPN dibandingkan dengan versi gratisan?

Mengapa VPN ada yang gratis dan yang berbayar?

Pada dasarnya, tujuan dari pemakaian VPN adalah menjaga keamanan identitas kamu (Privacy), melindungi dari serangan cyber (Security) , dan memberikan akses tanpa batas ke website yang terblokir (Unlimited access).

VPN yang bisa memberikan fitur / layanan dari 3 kebutuhan di atas adalah vpn yang bagus alias sempurna.

Problemnya adalah menjalankan layanan VPN yang sempurna dan bagus tidak lah gratis, bahkan ngga murah sama sekali.

Mereka harus mengelola ribuan server yang tersebar di puluhan negara, mengembangkan aplikasi di setiap device (PC, android & ios), menghalau ratusan ancaman cyber setiap bulannya, dan memberikan layanan bantuan kepada pengguna.

Perusahaan VPN sendiri pun bukan lah organisasi non-profit atau lembaga amal, tetapi mereka adalah perusahaan bisnis. Jadi mereka butuh pemasukan uang alias profit untuk membiayai semua layanan dan server-server mereka.

VPN berbayar mendapatkan uang dari paket bulanan yang ditawarkan ke pengguna. Sedangkan VPN gratisan, bagaimana mereka mendapatkan uang? Entah bagaimana cara nya, mereka harus mendapatkan uang.

Vpn-vpn gratis yang bisa kamu temukan di google play atau iPhone app biasanya membatasi kuota pemakaian sampai batas tertentu yang kemudian menawarkan paket bayaran.

Tetapi bagaimana dengan VPN yang benar-benar menawarkan koneksi gratis yang unlimited dan tanpa syarat? Nah, ini yang perlu kamu waspadai dan hati-hati. Banyak vpn gratis terbukti melakukan pelanggaran privasi dan keamanan loh untuk mendapatkan pendapatan.

Berikut kami akan membahas secara lebih lengkap resiko-resiko apa saja yang dapat ditimbulkan dari layanan VPN gratis. Dan apa saja kelebihan yang ditawarkan dari VPN berbayar yang ngga didapat dari vpn gratis.

Resiko-resiko dari penggunaan VPN gratis

Pertanyaannya, bagaimana VPN gratis membayar ratusan server apabila terus membiarkan user menggunakan layanan secara gratis tanpa batas/unlimited?

1. Mereka mencuri data pribadi kamu dan menjual ke 3rd party

Ini seperti aplikasi Betternet VPN jika kamu pernah tahu. Mereka akui kalau mereka jual data penggunaan vpn kamu ke peng-iklan. Makanya kamu akan sering menemui banner-banner iklan saat pakai vpn tersebut.

Bahkan beberapa vpn gratis bisa meng-hack browser kamu dan memaksa akses beberapa website iklan tanpa ijin.

2. Mereka pakai bandwith internet kamu tanpa ijin

Contoh kasus ini seperti pada layanan Hola VPN. Aplikasi vpn yang di install di device kamu (PC/handphone) bertindak sebagai p2p network.

Hal ini berarti koneksi user lain bisa di arahkan melewati koneksi kamu. Mereka akan menggunakan ip address yang kamu punya dan tentu nya memakan bandwitdh/kuota internet juga.

Vpn gratis jenis ini akan membuat kamu rentan terhadap virus dan malware karena kamu tidak mengetahui penggunaan dari user lain. Dan juga memboroskan kuota internet kamu.

3. Mereka menggunakan teknologi keamanan yang jelek

Mengelola infrastruktur keamanan cyber dan optimisasi server tidaklah murah.

Supaya bisa lebih berhemat, biasanya vpn gratisan ngga terlalu banyak investasi di teknologi keamanan yang bagus.

Beda dengan VPN berbayar, mereka support berbagai macam fitur protokol enkripsi dan teknologi keamanan paling update.

Hal ini akan menjadikan kamu lebih rentan terhadap hacker dan malware.

4. Sering di sodorkan iklan ketika browsing internet

Menjual iklan adalah cara yang umum digunakan vpn gratisan untuk mendapatkan uang.

Meski mereka mungkin menjamin tidak menjual data kamu, penyodoran iklan terus menerus tentu saja mengganggu sekali ketika broswing internet.

Hati-hati dengan malware dan virus! Kami tidak yakin pihak vpn gratisan memonitor semua iklan yang ditayangkan untuk bahaya malware.

5. Koneksi vpn gratisan tidak secepat vpn berbayar

Pakai vpn gratisan untuk nonton film streaming? Download torrent? Atau bermain game online? Sepertinya kamu akan lebih banyak kecewa dengan menggunakan vpn gratisan.

Vpn gratisan cenderung memiliki jaringan server yang kecil. Sehingga mereka sangat perlu monitor dan mengatur besaran limit kecepatan setiap user agar tidak over/berlebih.

6. Mereka membatasi fitur & kuota pemakaian

Ini adalah hal yang lazim di banyak vpn gratis yang kamu temui. Biasanya mereka memberikan kuota pemakaian (misal 500mb per hari). Ketika kuota habis, kamu disuguhkan dengan paket berbayar unlimited.

Hal ini tidak akan menjadi masalah jika kamu hanya ingin browsing internet, baca berita ataupun akses social media.

Tetapi akan menjadi hal yang menyebalkan jika kamu menggunakan nya untuk download file atau pun menonton video streaming. Kuota pemakaian akan sangat cepat habis.

Kapan saat yang oke untuk pakai vpn gratisan?

Dari banyakya resiko di atas, ada situasi tertentu vpn gratisan tetap bisa digunakan. Misal hanya untuk browsing web-web yag terblokir atapun ketika browsing di wifi umum di kafe.

Hal pertama yang perlu jadi perhatian, benar-benar hindari vpn yang menjanjikan layanan yang unlimited dan gratis. Too good to be true.

Sebaiknya cari vpn yang memberikan layanan gratis secara terbatas dan menawarkan paket berbayar ketika kuota habis. Jenis provider vpn yang seperti ini biasanya mempunyai tingkat keamanan dan kualitas server yang tidak jauh beda dari vpn berbayar premium.

Sekali lagi, jangan berharap terlalu banyak vpn gratisan dipakai untuk long-term, karena mereka tetap berharap kamu upgrade ke paket berbayar.

Yang kamu dapatkan dari VPN berbayar premium

Kesimpulan dari bahasan vpn gratisan di atas adalah tidak ada satupun vpn gratis yang benar-benar bisa menjamin keamanan, privasi, dan kualitas koneksi. Jika pun ada, itu pun dibatasi dengan kuota bulanan.

Dan yang bisa buat kamu kaget, nyata nya VPN premium berbayar itu harga nya sangat terjangkau loh. Start dari Rp 40.000++ kamu sudah bisa memakai vpn dengan segala kelengkapan fitur dan kecepatan premium secara unlimited!

Nonton netflix HD tanpa buffering? Download torrent dengan full speed?

1. Mereka menjamin keamanan privasi kamu

Ketika kamu selesai browsing internet, seharusnya semua data session kamu terhapus. Beberapa VPN premium berbayar benar-benar menjamin keamanan privasi online kamu.

Jika masih curiga, kamu boleh cek dan membaca isi dari halaman Privacy Policy mereka.

2. Mereka punya teknologi keamanan terbaik

Ini bukan jargon marketing semata. Untuk membuktikannya, kamu bisa cek fitur keamanan yang mereka tawarkan.

Apakah mereka support enkripsi 256 bit? Support berbagai macam tunnel protocol seperti PPTP/L2TP/IPSec/OpenVPN?

Jika iya, artinya mereka memang berinvestasi di teknologi keamanan untuk layanan vpn yang ditawarkan.

Beberapa VPN premium bahkan menawarkan fitur tingkat keamanan yang lebih advance seperti Split Tunneling, Double VPN, Kill Switch, dan DNS & IPV6 Leak Protection.

3. Mereka tidak ada batasan kuota pemakaian alias unlimited

Kamu akan sangat nyaman browsing internet tanpa harus dibatasi dengan kuota pemakaian. Terlebih jika kamu gunakan VPN untuk streaming online, download torrent, ataupun bermain game online.

Disertai kualitas kecepatan premium, nikmati nonton film streaming kualitas HD tanpa buffering!

4. Mereka mempunyai jaringan server yang besar

VPN premium biasanya mempunya ratusan bahkan ribuan server yang tersebar di puluhan negara.

Semakin besar jaringan server, maka akan semakin baik untuk akses web terblokir dan kualitas kecepatan koneksi. Mereka bisa menampung ratusan ribu user secara bersamaan tanpa harus mengorbankan kualitas.

5. Mereka bisa un-block Netflix dan menembus firewall China

Sebagai informasi, tidak semua VPN berbayar benar-benar bisa mengakses netflix. Hanya beberapa top VPN premium yang bisa, bahkan mereka bisa menembus aturan internet China yang sangat ketat.

Bagi orang Indonesia, mungkin belum terlalu membutuhkan fitur ini. Tetapi mungkin nanti ada situasi kamu butuh fitur seperti ini, karena top VPN premium seperti Vpyr VPN bisa membantu kamu browsing internet ketika berada di negara yang mempunyai aturan internet yang ketat seperti China, Russia dan Turki.

6. Mereka punya fitur tambahan dan layanan lainnya

VPN berbayar premium biasanya mempunyai segudang fitur dan layanan support yang bagus. Misalnya dengan bayar 1 account kamu bisa login di berbagai device (PC, Android, Ios, ipad, Router,dll).

Servis-servis lainnya seperti dedicated IP address, server P2P, ad-blocker. Beberapa bahkan mempunyai layanan chat support 24 jam yang sangat bagus.

Kesimpulan

Sesuatu yang gratis tentu nya sangat menarik bukan? Tapi tidak ada makan siang gratis, sesuatu yang gratis pasti mengorbankan sesuatu yang lain.

Apabila hanya demi pakai vpn gratis tetapi mengorbankan privasi data pribadi, keamanan dari malware dan virus, serta kenyamanan browsing, maka sangat tidak worth it.

Dan juga, tidak semua VPN berbayar itu bisa dipercaya dan berkualitas bagus. Itulah mengapa Indo VPN mencoba puluhan layanan VPN berbayar dan merangkum daftar aplikasi vpn terbaik yang bisa digunakan di Indonesia.

Jika kamu benar-benar secara mendesak butuh VPN gratis, cobalah paket trial 7 hari yang biasa ditawarkan vpn premium.

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.