7 Bahaya Dari VPN Gratis di 2020 (WASPADA)

February 14, 2020 0 comments

Apakah kamu tahu seberapa bahaya dari penggunaan vpn gratis yang mungkin kamu sedang pakai sekarang?

Ada ratusan hinggan ribuan vpn gratis yang kamu bisa temui. Sebagian besar mereka bisa ditemukan di google play atau apple apps. Ini janji layanan mereka:

Layanan yang mereka janjikan adalah menjamin koneksi vpn yang aman dan cepat secara unlimited dengan gratis.

Kalau kita baca janji di atas, terdengar sangat bombastis alias “too good to be true” alias kasar nya terlalu jualan kecap. Mengapa? Sekarang kita analisa mengapa janji di atas itu tidak masuk akal sama sekali.

Tidak ada makan siang gratis, tak terkecuali layanan VPN

Untuk membuat layanan dan perusahaan VPN yang bagus tidak murah sama sekali. Contoh beberapa biaya yang harus dikeluarkan oleh developer VPN :

1. Gaji karyawan dan developer

Develop aplikasi vpn, optimisasi server, dan maintain security agar terus update, membutuhkan puluhan orang yang spesial dibidangnya. Apakah mereka bekerja sukarela tanpa di gaji? Ya tentu ngga mau. Kamu mau?

2. Biaya investasi server vpn

Bagi yang pernah sewa server dedicated, pasti tahu biaya server itu tidak murah. Apalagi kalau vpn gratis tersebut mengklaim punya ratusan server yang tersebar di beberapa negara.

3. Biaya iklan dan promosi

Vpn gratis punya tingkat viral yang lebih tinggi dibanding vpn berbayar, karena gratis. Meski mereka tidak perlu mengeluarkan biaya promo yang jor-joran, tetapi tetap harus mengeluarkan biaya promosi.

“It’s expensive to run a VPN. At best, they are using ads to earn income. At worst, they are selling your private information.” Ryan O’Leary, vice president of the Threat Research Center. Sumber

Sekarang kita sudah tahu kalau menjalankan bisnis vpn itu tidak murah. Sedangkan vpn itu adalah perusahaan bisnis yang butuh pendapatan dan profit. Lalu bagaimana mereka mendapatkan profit?

Bahaya dari vpn gratis, waspada!

VPN premium berbayar mendapatkan profit dari biaya langganan per bulan dari pengguna. Bagi vpn gratis ada beberapa cara bagaimana mereka mendapatkan profit. Beberapa diantaranya bahkan sangat berbahaya untuk kamu coba loh.

1. Mengancam keamanan kamu!

Salah satu tujuan utama VPN adalah menjamin keamanan kamu dari malware, virus, hacker ketika surfing internet.

Sayang nya sebuah study yang dilakukan oleh ICSI Neworking & Security Group (icir.org), dari 283 vpn gratis yang diteliti, ditemukan sebagian besar vpn mengandung malware, bahkan termasuk vpn gratis populer seperti Betternet, SuperVPN, CrossVPN.

Faktanya, hampir 38% dari vpn gratis mengandung malware.

Malware sangat umum berhubungan erat dengan iklan. Sedangkan banyak vpn gratis bergantung mendapatkan profit dari iklan yang dipasang.

Pengecualian terhadap vpn gratis lain yang tidak bergantung sama iklan, mereka cenderung lebih aman. Oleh karena itu, hati-hati menggunakan vpn gratis yang mempunyai iklan sebagai sumber pendapatan.

Sedangkan pada VPN premium berbayar, mereka cenderung lebih aman karena biasanya mereka punya fitur adblocker, malware protection, dan sumber pendapatan mereka tidak bergantung pada iklan.

2. Menyadap aktifitas online kamu!

Tujuan lainnya menggunakan vpn adalah melindungi privasi kamu ketika surfing di internet. Ironis nya, dari study yang sama (icir.org) menyatakan 72% dari vpn gratis menggunakan 3rd party tracker untuk menguntit aktifitas online kamu!

Gambar table 4 : hanya 28% dari vpn gratis yang aman dari penyadap. Berarti 72% lainnya menyadap aktifitas online kamu.

Tujuan dari penyadapan aktifitas kamu adalah untuk mengumpulkan data yang dapat dijual ke pengiklan. Jadi pengiklan tahu harus menyodorkan iklan seperti apa sesuai kebiasaan online kamu.

Ada beberapa vpn gratis yang menyadap diam-diam, tetapi ada juga yang memang mengakui mereka memonitor aktifitas online kamu, seperti pada vpn Psiphon :

“We sometimes use advertisements to support our service, which may use technology such as cookies and web beacons. Our advertising partners use of cookies enable them and their partners to serve ads based on your usage data.”

Psiphon’s Privacy Policy

3. Jual dan pakai bandwidth kamu tanpa ijin

Contoh kasus jualan bandwidth tanpa ijin yang ketahuan ada pada layanan Hola VPN. Aplikasi vpn gratis yang di install di device kamu (PC/handphone) bertindak sebagai p2p network.

User berbayar di Hola VPN di arahkan melewati device kamu yang sudah terinstall aplikasi vpn Hola dan bertindak sebagai peer. Ibaratnya device kamu dijadikan server vpn! Mereka akan menggunakan cpu device dan kuota internet kamu untuk mendapatkan keuntungan.

Vpn gratis jenis ini akan membuat kamu rentan terhadap virus dan malware karena kamu tidak mengetahui penggunaan dari user lain. Dan juga memboroskan kuota internet kamu.

4. Kamu bisa terlibat kejahatan cyber

Masih berlanjut dari kasus Hola VPN, dimana sudah terbukti memanfaatkan para pengguna VPN gratis untuk mencari keuntungan.

Setelah PC/handphone kamu dijadikan peer/”server vpn” oleh Hola VPN, maka mereka bisa mengontrol device kamu sesuka hati.

“Hola generates revenue by selling a commercial version of the Hola VPN service to businesses (through our Luminati brand). This is what allows us to keep Hola free for our PC and Mac users. Users who want to enjoy the Hola network without contributing their idle resources can do so by joining the Hola premium service for $5 per month (or $45 per year).”

Hola VPN’s Privacy Policy

Luminati ini sudah terkenal karena kasus botnet attack. Botnet Attack adalah sebuah metode untuk mengontrol device (PC/handphone) melalui malware dan menggunakanya untuk melakukan serangan cyber.

Sumber PC World

* Sumber PCWorld : Ultra-popular Hola VPN extension sold your bandwidth for use in a botnet attack

* Sumber BBC.com : Hola rocked by botnet accusations.

Jadi ngga hanya device sama bandwith kamu dimanfaatkan untuk cari keuntungan, tetapi bisa sampai digunakan untuk kejahatan cyber.

5. Tidak semua vpn gratis bisa tembus web terblokir

Beberapa website seperti Netflix punya tingkat keamanan Geoblock yang tinggi. Dan hampir semua vpn gratis tetap ngga bisa akses Netflix.

Fakta nya juga, bahkan tidak semua VPN premium berbayar pun yang bisa menembus akses Netflix.

Terkadang mungkin tembus akses netflix dengan vpn gratis seperti TunnelBear, tetapi menurut pengalaman kami, lebih banyak gagalnya.

Error ketika menggunakan vpn gratis

Terlebih kuota dari TunnelBear hanya dikasih 500mb per bulan, yang bahkan ngga akan cukup untuk nonton 1 film.

Dari hasil pengetesan kami, ProtonVPN versi gratis bisa menembus Netflix, tetapi mereka membatasi bandwidth setiap user nya. Kalian tetap harus upgrade ke paket berbayar untuk menonton film tanpa buffer.

Kesimpulan nya, untuk bisa menembus website-website terblokir yang punya tingkat keamanan tinggi seperti netflix membutuhkan resources yang ngga murah.

6. Iklan, iklan dan iklan yang “annoying”

Karena vpn gratis tidak memungut biaya dari user, maka mereka mendapatkan uang dari berjualan iklan.

Betternet VPN salah satu yang menggunakan model bisnis seperti ini. Meski mereka menyatakan tidak menyodorkan iklan, tetapi pada fakta nya iklan tetap muncul ketika kamu menggunakan layanan mereka.

Ngga hanya annoying, tetapi juga memunculkan resiko bahaya malware dan penyadap. Mengapa?

Pengiklan/advertiser ingin menyodorkan iklan yang tepat sasaran. Jadi ini menambah resiko VPN yang menggunakan iklan melanggar privasi kamu dengan menjual kebiasaan aktifitas online kamu ke pengiklan.

7. Kuota dan kecepatan yang dibatasi

Beberapa vpn gratis populer menggunakan model bisnis yang membatasi kuota bandwith dengan harapan kamu upgrade account ke paket berbayar.

Jadi mereka tidak sepenuh nya gratis.

Dan ada yang juga membatasi kecepatan internet melalui aplikasi vpn gratis.

Dengan harapan kamu tetap upgrade ke paket berbayar. Kamu tidak akan bisa menonton film streaming tanpa buffer atau download file besar dengan hanya berharap ke vpn gratis.

Keuntungan dari VPN Premium Berbayar

Untungnya, kamu tidak perlu harus mencoba vpn gratis dengan resiko bahaya yang dimilikinya.

Bahkan beberapa VPN Premium bisa dibilang termasuk gratis karena punya Garansi 30 hari uang kembali. Jika tidak puas, mereka akan melakukan full refund sebelum 30 hari.

Start dari Rp 40.000 per bulan, kamu sudah tidak perlu khawatir dengan resiko-resiko bahaya dari vpn gratis, justru malahan benefit-benefit yang didapat sangat banyak, seperti:

  1. Tingkat keamanan yang terjamin : Sederhananya, kamu bisa lihat dari fitur keamanan yang di tawarkan. Minimal enkripsi 256 bit dan support OpenVPN sudah menunjukan mereka cukup berinvestasi di security.
  2. Tidak ada iklan : Karena secara bisnis mereka mendapatkan untung dari paket langganan, maka mengurangi bahaya malware dari iklan.
  3. Bypass website terblokir : VPN premium yang Indovpn rekomendasi sudah terbukti dapat melewati berbagai macam website seperti Netflix. Kami sudah mencobanya sendiri.
  4. Unlimited speed : Kamu sudah bayar jadi tidak ada pembatasan kecepatan vpn. Bahkan VPN seperti Vypr VPN hanya turun speed 10-15% dari koneksi asli.
  5. Unlimited kuota : Kamu sudah bayar jadi tidak ada pembatasan kuota seberapa besar kamu pakai. Bisa menonton film streaming atau download torrent sepuasnya.
  6. Bisa dipakai multi-device : Beberapa vpn premium bisa digunakan beberapa device (pc/handphone/tablet/apple tv) secara bersamaan.

Top 3 VPN ranking

4.8
Nilai Skor

4.7
Nilai Skor

4.6
Nilai Skor

Vypr VPN adalah VPN no. 1 rekomendasi dari kami.

Kecepatan dan kestabilan koneksi yang nomor 1.

Terkenal dari kelengkapan fitur nya, terutama sisi keamanan.

Kecepatan 5

Kecepatan 5

Kecepatan 4

Keamanan 5

Keamanan 5

Keamanan 5

Fitur 4.5

Fitur 4.5

Fitur 5

Support 4.5

Support 5

Support 4.5

Harga 5

Harga 4

Harga 4.5

Diskon 71% Klik Disini

Diskon 35% Klik Disini

Diskon 70% Klik Disini

Mulai Rp 37.940,-/Bulan

Mulai Rp 116.480,-/Bulan

Mulai Rp 48.480,-/Bulan

Website

vyprvpn.com

Website

expressvpn.com

Website

nordvpn.com

Baca rekomendasi VPN dari kami : Aplikasi VPN Terbaik di Indonesia (Update 2020)

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu bahaya dari vpn gratis. Kamu mungkin berhemat dengan menggunakan vpn tanpa biaya, tetapi resiko bahaya yang didapat sangat tidak worth it.

Selain masalah keamanan, penggunaan vpn gratis juga sangat annoying seperti iklan yang terus-menerus dan kecepatan internet yang lambat.

Jadi kami merekomendasi untuk mencoba VPN Premium, kami jamin kamu akan merasakan bedanya dan tidak mau balik lagi ke vpn gratisan.

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.